Review Artikel Ilmiah

Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat di Sektor Agraris Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat Tani

K4319071 Riska Ariyanti FKIP Pendidikan Biologi

A.Latar Belakang
Indonesia merupakan Negara yang agraris yang sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Pertanian yang ada di Indonesia belum mampu mengatasi ketimpangan ekonomi di tengah-tengah masyarakatnya. Penduduk Indonesia terutama yang berada di daerah pelosok atau pedalaman yang bermata pencaharian sebagai petani masih mengalami masalah ekonomi yang cukup serius. Padahal sektor pertanian di Indonesia sudah mampu mengekspor berbagai hasil panen pertaniannya. Untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya diperlukan yang namanya pemberdayaan.  Dimana pemberdayaan merupakan suatu proses pembangunan berupa inisiatif dari masyarakat untuk dapat memperbaiki situasi dan kondisi di dalam masyarakat itu sendiri. Suatu pemberdayaan akan berhasil apabila masyarakatnya menjadi agen dalam pembangunan itu sendiri atau berlaku sebagai subjek.
Pemberdayaan akan sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakatnya yang akan meningkatkan hasil pertaniannya serta secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan masyarakatnya. Untuk saat ini sudah banyak dilakukan program pemberdayaan masyarakat tani seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia yakni UNS. Universitas Sebelas Maret bersama fakultas pertanian megadakan suatu program pemberdayaan masyarakat tani dan pemanfaatan berbagai tanaman untuk di rekayasa sesuai dengan perkembangan saat ini. Dibutuhkan juga yang namanya pengabdian pada masyarakat seperti yang diajarkan oleh FKIP
Namun hal itu pun ternyata belum mampu mengangkat citra bangsa Indonesia dalam sektor pertaniannya. Buktinya Indonesia masih banyak mengimpor bahan-bahan makanan yang termasuk produk pertanian dari Negara luar, yang sebenarnya bisa dihasilkan dan dibudidayakan di Negara ini,seperti contohnya bawang putih.

B. Tujuan
Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di bidang pertanian.
Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pertanian.


C. Pembahasan
Untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat di bidang pertanian sangat penting dilakukan suatu pemberdayaan. Karena sektor pertanian seringkali dipandang sebelah mata terutama orang-orang yang bekerja sebagai petani. Maka pemberdayaan penting untuk dilakukan, baik itu dari instansi pemerintah maupun yang lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret pada tahun 2019 lalu, Fakultas Pertanian melakukan pemberdayaan wanita tani dengan pelatihan pembuatan pot organic dari jerami padi dan limbah daun bawang merah.  Pot organic yang berbahan dasar jerami dengan limbah daun bawang merah adalah inovasi baru untuk memanfaatkan bahan tersebut yang jumlahnya melimpah di lingkungan bahkan kadang hanya dijadikan limbah,yang menjadi sentra pertanaman padi dan bawang merah yaitu Desa Srigading disini ketika musim panen tiba limbah pertaniannya hanya dibuang begitu saja.
Pot organic dari dari limbah jerami dan daun bawang merah ini lebih aman dan tidak menimbukan pencemaran tanah maupun lingkungan dan bersifat biodegradable. Kombinasi antara limbah jerami dan daun bawang merah  ini diharapkan mampu menjadi alternative pot organic yang ramah lingkungan, murah serta mudah diadopsi oleh masyarakat,selain itu limbah yang tadinya hanya dibuang begitu saja sekarang memiliki nilai jual yang lumayan yang akan meningkatkan pendapatan masyarakatnya.
Penyuluhan tentang manfaat jerami,daun bawang merah dan pupuk kandang sebagai bahan pot telah dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2019, dengan hasil bahwa peserta antusias mengikuti kegiatan ini dan praktek pembuatan pot organic berbahan dasar jerami padi,daun bawang merah dan lempung,juga dilakukan pemberdayaan wanita tani melalui produksi dan manajemen produksi kerupuk batang pisang di Jenawi Karanganyar dalam Jurnal PRIMA.Pengaplikasian nanopestisida  pada tanaman cabai merah sehingga hasil panennya melimpah seperti yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian, dan menggagas biodekolorisasi limbah batik cair,guna mengatasi banyaknya masalah limbah cair batik di Solo yakni digagas oleh mahasiswa prodi Pendidikan Biologi, selain itu dilakukan pelarangan penggunaan botol plastik di lingkungan untuk mengurangi adanya polusi dan limbah plastik,UNS telah menggagas ide tersebut.  Berbagai program tersebut dapat membantu sektor pertanian saat ini khususnnya untuk perekonomiannya.

D. Kesimpulan
Perekonomian dalam masyarakat khususnya para tani dapat di tingkatkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat pertanian. Pemanfaatan berbagai limbah pertanian yang diolah menjadi berbagai produk akan menambah nilai jual barang itu sendiri yang akan meningkatkan pendapatan masyarakatnya. Adanya pemberdayaan masyarakat akan menggali potensi yang dimiliki oleh masyarakat.

uns.ac.id
fkip.uns.ac.id
https://jurnal.uns.ac.id/prima
fp.uns.ac.id
Biologi.fkip.uns.ac.id




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wayang

Virus

Coelenterata